Selasa, 07 Mei 2013

Spesifikasi Ford Fiesta Ken Block



Spesifikasi Ford Fiesta Ken Block



Ken Block, perally professional kelahiran California ini sudah wari wiri di dunia Rally. Banyak mobil yang Block pakai di setiap aksi rallynya. Dibawah ini gue akan sedikit mendeskripsikan spesifikasi salah satu mobil yang Block pakai yaitu ....

Ford Fiesta 
  


Ford Fiesta Standar


















yang pasti dengan banyak banget perubahan yang eksterim supaya Fiesta ini jadi sebuak mobil Rally.

Additional Parts : 


  • Chassis Ford Fiesta WorldRallyChampionship, dibuat oleh M-Sport
  • Mesin Ford "Ecoboost" 2.0L yang dapat menyemburkan tenaga sebesar 600bhp/665 ft-lbs max, dibuat oleh PIPO Moteurs
  • Turbocharger Garrett TR30R dengan restrictor sebesar 45mm
  • Rem Brembo Monoblock (banyak jenis yang dipakai tergantung dari kondisi stage itu sendiri)
  • Sadev 6 speed sequential transmission
  • Reiger WRC suspension
  • Cosworth Electronics Pectel MQ12 ECU
  • Cosworth Electronics Pectel Hyllus
  • Cosworth Electronics Pectel DB1-RSHE
  • Cosworth Electronics Pectel MK4 RS
  • Cosworth Electronics MFD I/O display
  • Recaro Ultima WRC carbon fiber seat
  • Berat kendaraan : 2755 lbs atau setara 1260kg , enteng banget
  • dibuat oleh Monster World Rally Team
 setelah ditambahin parts diatas maka jadinya kaya gini nih : 
  

1







2



Read more »

Senin, 06 Mei 2013

Modifikasi Chevrolet Camaro ZL1, Siput Bertenaga 700 Dk


Modifikasi Mobil

Modifikasi Chevrolet Camaro ZL1, Siput Bertenaga 700 Dk

Chicago – Bagi sebagian kita, hewan siput dianggap binatang yang lambat. Tapi hal berbeda justru ditawarkan oleh produsen film Hollywood, Dream Works. Movie maker yang ngetop dengan film Shrek ini menggarap kisah siput balap berjudul Turbo.

Gokilnya, demi menegaskan nuansa balap pada film itu, Dream Works mengandalkan pajangan berupa Chevrolet Camaro ZL1 saat peluncuran perdana cuplikan film Turbo di Chicago. Oiya, sebenarnya mobil ini merupakan karya nyata yang versi 3D nya ikut muncul sebagai bintang di film tersebut.

Camaro ZL1 yang versi standarnya sudah sangar dibuat makin edan dengan body kit gondrong hingga nyaris menyentuh aspal. Seperti pada bagian bumper depan yang ‘wajib’ ditambah batang pegangan. 
Yang paling mencolok tentu saja pada aplikasi kap mesin cembung dengan bongkahan supercharger yang menjulang tinggi hingga melebihi tinggi kap mesin. Mesin V8 Camaro ZL1 yang ditambahkan piranti supercharger ini diklaim mampu mengeluarkan daya hingga 700 dk.

Dari samping, side skirt Camaro ZL1 tampil minimalis dengan sedikit lekuk. Selain itu, demi dapat ditancapkan pelek berdiameter super gambot, 24 inci kini dibekali dengan wide body nan lebar.

Sedangkan desain belakang terlihat ekstrim dengan aplikasi bumper dengan diffuser dan empat buah muffler tips yang besar. Serta aplikasi GT wing besar.
Read more »

Modifikasi Mitsubishi Lancer Evolution X 2008


Mitsubishi Lancer Evolution X 2008, Beringasnya Barang Jualan

Keganasan mesin 4B11 MIVEC yang ada di balik kap Mitsubishi Lancer Evolution X tak diragukan lagi. Coba saja googling di internet, tak terhitung lagi berapa banyak yang mempercayakan Evo X, nama kesayangan sedan super yang lahir sejak era 1990 silam dengan mesin awal 4G63, hadir di berbagai lintasan balap.

Namun, bagi Indra Kurniawan, sosok standar tak pernah memuaskan hati. Kebetulan, Indra merupakan pemasok beberapa perangkat aftermarket yang memang dikhususkan mobil dengan mesin kencang. "Makanya modifikasi sekaligus eksplorasi seberapa jauh mobil ini bisa dibikin lebih kencang," terang pria ramah ini.
Alhasil, segala macam barang pun langsung keluar dari gudang, menggantikan part asli yang disimpan. Konsep awal, pastinya enggak bakal jauh dari street racing.

NAIK 210 DK

Proses modifikasi tak bisa dibilang singkat. Sejak awal dipegang, berturut-turut proses trial and error selalu dijalani dengan bantuan teman-teman bengkel. Sebagai distributor Zage, pastinya turbo Zage TD-06 yang terpasang menggusur turbo asli dengan bantuan bengkel FlowAuto di bilangan Kelapa Gading, Jakut. Tak hanya turbo, pastinya langsung berlanjut ke instalasi parts lain seperti piping turbo dan camshaft dari Kelford Cams stage 2 berukuran 272.

Segala ubahan di mesin pastinya enteng menahan tekanan turbo yang disetel pada angka 1,3 bar. "Dengan bahan bakar racing Lupromax, berhasil mencatat tenaga maksimal 505 dk," bangga Indra.
Lumayan dong power naik 210 dk dari aslinya yang hanya 295 dk. Membantu besaran tenaga mesin yang semakin beringas, dibantu oleh intercooler HKS dengan seluruh pipa gas buang, mulai dari downpipe sampai muffler, Indra mempercayakan pada merek Ken's Performace.

Tak ketinggalan, beberapa bagian penting di ruang mesin seperti cover sekering berganti material karbon. Enaknya, tak hanya lebih ringan, tapi juga lebih ampuh menahan hawa panas. Tentu juga dengan aplikasi open filter agar debit udara yang dibutuhkan mesin tetap terjaga. Mengintip material karbon di ruang mesin, ternyata nyaris seluruh body kit juga telah mempercayakan material eksotis ini.

Nah, ubahan kaki-kaki pun paling banyak menyita perhatian. Indra memegang hak untuk mengedarkan suspensi merek BC racing coilover, jadi seperangkat sokbreker 3-way system menghuni ruang sepatbor. Kombinasi paling pas, pelek BC forged HB-05 berdiameter 19 inci dengan palang lima ganda yang bikin tampilannya lebih sporty.
Tak ketinggalan, satu set strut bar depan dan belakang, berikut underbrace lansiran Summit yang bikin bodi semakin stiff alias kaku. Efeknya, apalagi kalau bukan handling yang bakal lebih presisi.

Punya tenaga buas hingga 500 dk lebih, pastinya butuh sistem rem mumpuni biar sang Evo enggak gelosor tak terkendali. Lagi-lagi, sebagai penyalur, rem ATS berukuran jumbo 380 mm di depan dan 355 mm untuk belakang, terpasang dengan 6 piston untuk depan dan 4 piston di belakang. Material cakram bikin bunyi berdecit terdengar kala pedal rem diinjak saat dingin, tapi begitu mulai panas. Dijamin karakter Evo langsung berubah jauh lebih mumpuni.

Hasilnya tak hanya terasa ketika Sunday fun race, tapi muncul di berbagai kontes modifikasi pun sang Evo cukup beringas dengan menyabet beberapa piala Best Racing dan Best Mitsubishi. Ciamik...(mobil.otomotifnet.com)
Bodi Karbon

Punya body kit full karbon, Indra percaya merek Ken's Performance untuk menggantikan bagasi, rear spoiler, bumper depan dan belakang juga diffuser. Kombinasi oranye cerah dengan warna gelap, ternyata berasal dari stiker motif karbon.

"Pasangnya seluruh bodi dibalut stiker oranye dulu, baru setelah itu stiker motif karbon dibentuk sesuai desain," papar Indra. Nah, tak hanya motif karbon, setelah diperhatikan mendetail, beragam merek yang sudah terpasang, dibuat menutupi sekujur bodi dengan teknik cutting sticker. Mulai dari Lupromax, Eagle Eyes, Zage, BC dan ATS.

Nah, tampilan paling mencolok terlihat dari lampu. Sebagai importir Eagle Eyes, pastinya sepasang lampu utama dengan desain angel eye dikombinasi lampu belakang dari LED. Paling keren ketika malam menjelang dan tanpa menyalakan head lamp, rasanya bagai melihat sosok monster berkeliling sedang merazia.

Tampilan belakang pun cukup eye catching, dengan lampu rem terbuat dari LED, hanya menyisakan deretan lampu yang membentuk trapesium ketika malam menjelang. 

Read more »

Tips Bersihkan Injektor Sendiri, Seratus Ribu, Injektor Bersih


Bersihkan Injektor Sendiri, Seratus Ribu, Injektor Bersih

Paradigma mesin masa kini yang sudah mengandalkan teknologi injeksi, sering dibilang susah dirawat. Setidaknya, butuh bengkel yang dilengkapi alat canggih ultrasonic injector cleaner jika mau membersihkan injektor yang sudah mulai kotor atau berkerak.

Tapi, bukan berarti enggak bisa dikerjakan sendiri loh. OTOMOTIF coba merakit alat untuk membersihkan injektor. Bahan prakteknya, injektor Suzuki Baleno keluaran 2002. Namun, mesti merakit alatnya terlebih dahulu. Bahan yang dibutuhkan mudah didapat juga kok.

Siapkan sakelar On/Off, kabel 16 AWG warna merah dan transparan, masing-masing sepanjang 60 cm, 2 buah terminal perempuan, aki motor 7A, satu kaleng carbureutor cleaner dan slang bensin yang seukuran dengan injektor (gbr.1). Jangan lupa, klem slang bensin, dua jepitan buaya dan karet pelindung jepit buaya. Material yang dibutuhkan menghabiskan biaya total sekitar Rp 100 ribu di luar aki.

Merakitnya alatnya, siapkan kabel AWG tadi, lalu sambungkan ke kedua terminal pada sakelar dengan cara disolder. Baiknya, sambung kabel merah ke kutub positif dan kabel transparan di kutub negatif. Masukan kabel ke karet pelindung penjepit buaya kemudian solder penjepit buaya dengan kabel. Langkah berikutnya, kupas kulit kabel di antara sakelar dan jepit buaya untuk menghubungkan kabel yang sudah disolder dengan terminal perempuan (gbr.2).

Setelah alat dirakit, saatnya melepaskan injektor dari mesin. Gunakan kunci sok 10 mm untuk membuka baut pegangan fuel rail (gbr.3). Kemudian, lepaskan slang vakum regulator tekanan bensin dan juga slang bensin yang mengarah ke fuel rail. Nantinya, tinggal angkat deh. Tapi, mesti hati-hati nih. Setelah baut fuel rail dilepas, di baliknya terdapat mur yang mudah jatuh. Ambil perlahan, dan simpan di tempat aman. Tarik fuel rail perlahan, supaya tidak merusak O-ring dan seal injektor.

Sekarang saatnya membersihkan injektor. Pasang 2 buah terminal perempuan yang tadi dirangkai pada injektor. Jangan khawatir terbalik, ingin dipasang di terminal manapun tetap bisa kok. Lalu, lepas seal dan O-ring injektor, kemudian pasang slang bensin ke injektor dan kencangkan klem pengunci. Harus dipastikan klem sudah mengunci kencang karena tekanan yang dihasilkan cukup besar.

Pasangkan jepit buaya ke kutub positif dan negatif baterai. Langkah berikutnya, semprotkan kurang lebih dua detik carbureutor cleaner ke slang bensin yang sudah diklem pada injektor. Ikuti dengan memainkan sakelar tombol supaya katup di dalam injektor membuka dan menutup.

Perhatikan hasil semprotan injektor. Jika sudah mengabut, tandanya injektor sudah bersih. Biasanya, dalam waktu 1 menit, masing-masing injektor sudah bersih. Kecuali jika kondisi injektor sudah parah. Bakal lebih lama.

Setelah selesai, tinggal pasang dan rakit kembali keempat injektor. Jangan lupa O-ring dan seal injektor ya, supaya enggak bocor.
Read more »

Piranti Penghemat BBM, Aman Tanpa Potong Selang Bensin


Piranti Penghemat BBM, Aman Tanpa Potong Selang Bensin

Jakarta – Saat ini memang banyak pabrikan yang menawarkan keunggulan berupa efisiensi BBM pada produk-produknya. Namun masih banyak konsumen yang merasa kurang puas untuk tetap menambah tingkat efisiensi tanpa mengorbankan performa.

Salah satunya adalah perangkat tambahan untuk memanfaatkan udara, dengan membantu suplai udara lebih banyak masuk ke ruang bakar. Seperti Proxima Turbojet. 

“Selain menambah irit, produk kami memanfaatkan asupan udara, sehingga lebih aman ketimbang potong selang bensin,” jelas Harun Tanjung direktur PT Proxima Karunia Sejahtera.

Piranti berjuluk Proxima Turbojet yang ditawarkannya diklaim membantu mempercepat dan meningkatkan volume udara, yang masuk ke ruang bakar sehingga lebih padat adalah turbojet accelerator keluaran Proxima. Dengan aplikasi perangkat tersebut konsumsi BBM menjadi lebih hemat bbm hingga 8-15 persen, tanpa mengurangi tenaga standarnya.

“Mampetnya udara bisa menyebabkan suara mesin kurang halus serta getaran makin tinggi. Turbo accelerator membantu menarik udara lebih banyak agar udara bisa terkumpul di dalam dengan sempurna,"ungkapnya. 

Cara pasangnya mudah dan tak berbahaya karena tidak menyentuh selang BBM. Penempatan turbojet accelerator adalah di dalam selang hawa, antara filter udara dan throttle body. Pemasangan kira-kira hanya berlangsung selama 15 menit. Alat ini juga bisa diaplikasi pada mesin bertipe bensin atau diesel.

Dan untuk menebus piranti penghemat bbm yang tersedia sejak tahun 2005 ini adalah Rp 2-12 juta, sudah termasuk pemasangan. Buat pemakaian bisa mencapai 60.000 km dan lakukan penggantian bearing atau alat pemutarnya setelah melewati limit.

Buat yang berminat, bisa sambangi gerai Proxima di Ruko Kalideres Permai Blok E1 No. 2B Jl. Peta Selatan, Jakarta Barat. Atau hubungi nomor (021) 5445977, 54398734 dan 54393368. Serta bukawww.proximaturbojet.com .a
Read more »

Edan, Suzuki Carry Pikap ini Dirombak jadi Big Foot!


Edan, Suzuki Carry Pikap ini Dirombak jadi Big Foot!

Jepang – Di Jepang, sosok Suzuki Carry pikap dikenal sebagai mobil angkutan yang dapat melintas di jalan-jalan kecil. Maklum ukuran bodinya yang sebesar citycar, membuat Carry bisa diandalkan untuk angkutan barang di kawasan pemukiman. Namun, hal berbeda justru dipikirkan oleh tuner Superlow.

Oleh modifikator asal Perfektur Nara, Jepang ini, sosok Carry pikap yang monoton dirombak nyentrik dengan wujud big foot. Jelas terlihat dari aplikasi kaki-kaki nan besar. Terutama pada aplikasi ban dengan diameter 40 inci yang biasa tertanam pada mobil-mobil off road.


Agar dapat bersanding dengan pelek besar tersebut, Superlow menambahkan sasis baru pada bagian bawah rangka asli. Dan uniknya, sasis tersebut dilabur kelir oranye dan disematkan lampu LED, menarik. 
Masih kurang? perhatikan kembali bagian kaki-kaki yang kini ditanam beberapa suspensi tambahan dan per yang lebih besar dari versi standarnya. Lalu, sektor gardannya juga dirancang lebih panjang dan melintang dari bagian mesin depan ke as roda belakang.

Beralih ke atas, bagian bodi memang tak banyak mengalami sentuhan modifikasi. Hanya saja, motif sapi dengan dominasi kelir putih bergrafis hitam diandalkan Carry ini agar lebih unik. 

Hmm, ada yang berminat bikin juga?
Read more »

Melindungi Alarm Kendaraan, Tambah Fitur, Hati Tenang


Melindungi Alarm Kendaraan, Tambah Fitur, Hati Tenang

Setelah muncul kasus pencurian barang berharga di kabin Honda All New CR-V, teringat lagi beberapa kasus serupa terjadi di unit lain seperti Nissan Grand Livina, All New Toyota Avanza dan Kijang Innova yang tak luput dari tangan jahil.

Langkah preventif, akan lebih baik kalau alarm bawaan standarnya bisa ditingkatkan lagi. Sedikit tambah fitur, yang penting hati tenang ketika meninggalkan mobil kesayangan.

Seperti Honda CR-V dan Nissan Grand Livina. "Alarm aslinya enggak akan berbunyi walau pintu mobil sisi pengemudi dibuka dengan cara apapun," jelas Kasman, GM research & development PT Sumber Mas Autorindo (MAS), pengagen alarm merek Master, Wheels dan Spy.

Jadi, selama pintu dibajak walau menggunakan kunci T yang jadi andalan maling, alarm enggak akan mengeluarkan tanda bahaya. Kecuali, pintu sisi lain yang dibuka paksa.

Beda apabila maling tersebut memecahkan kaca, baru membuka pintu dari dalam kabin, alarm pasti bunyi nyaring. Memang, untuk CR-V jangan khawatir mobil dibawa lari. Soalnya kunci sudah menganut sistem immobilizer.

Nah, sedikit beda dengan unit yang laris di pasaran seperti All New Avanza (ANA) ataupun Innova. ANA sudah melakukan improvement dengan memasang sirine terpisah, sebelumnya masih tergabung klakson. "Tapi, jalur kabel sirine mudah dijangkau dari bagian kolong kendaraan," ungkap Juwandi, juragan ASA Autologic di bilangan Senen, Jakpus.
Pengalaman customer Juwandi yang nyaris kehilangan ANA bisa jadi contoh. "Setelah buka paksa pintu dan memotong kabel alarm. Mereka kesusahan starter karena saya tambahi antistarter," urai Primajaya, pemilik ANA tipe G 2012. Bisa jadi, waktu bongkar yang terlalu lama, bikin ‘tangan jahil’ kabur begitu sadar mesin susah hidup.

"Melihat indikasi kerusakan, minimal ada 4 orang yang bekerja sama membongkar mobil," ulas Juwandi. Orang pertama yang membongkar pintu sekaligus langsung membuka kap mesin, orang kedua bertugas di kap mesin untuk mengangkat, lalu orang ketiga bekerja memotong kabel sirine. Lalu orang keempat menjaga situasi sekitar. Bisa jadi, walau sirine sempat berbunyi, kalau keempatnya bekerja cepat, bisa jadi sirine tak akan berbunyi lebih dari 5 detik.

Waspadanya, perhatikan jalur kabel sirine yang bisa dijangkau dengan kawat tambahan atau batang besi. Setelah ditarik, alhasil bunyi alarm langsung mati, walau terlihat kalau lampu hazzard yang menandakan alarm aktif masih berkedip.

Lalu, bagaimana agar enggak apes? Tenang, walau sudah dilengkapi kunci dengan remote, ada modal bagus untuk upgrade alarm. "CR-V bisa tambah alarm yang akan aktif ketika pintu dibuka paksa, pun bisa ditambahkan sensor getar yang akan membaca ketika ada benturan ke bodi," wanti Kasman lagi.

Bagaimana dengan ANA ataupun Innova yang rawan dicolong? "Bisa tambahkan antistarter dan pastinya jalur kabel menuju sirine, bisa dibuat lebih tersembunyi agar tak mudah diputus," saran Juwandi.

Fitur antistarter sendiri punya banyak variasi. Bisa saja dibuat dengan sensor tambahan yang harus disentuh terlebih dahulu, baru mesin bisa hidup, atau bisa juga dengan memasang saklar tambahan yang tersembunyi.
Read more »

Tips Atasi Kepet Toyota Innova Sobek, Pakai Kapas untuk Kepet


Atasi Kepet Toyota Innova Sobek, Pakai Kapas untuk Kepet

Pernah melihat kepet roda yang mulai terlepas? Memang enggak terlalu mengganggu. Paling, bodi bakal lebih cepat kotor kalau lewat genangan air. Namun, bukan berarti didiamkan dong. Biasanya, kepet sobek gara-gara kena pembatas atau trotoar saat parkir. Padahal, membetulkannya gampang loh.

OTOMOTIF kebetulan melihat pada Toyota Kijang Innova keluaran 2008 milik sahabat yang sudah terlanjur robek. Ganti baru, tentu solusi paling mudah. Di pasaran onderdil aftermarket, kepet untuk Kijang Innova dijual seharga Rp 200 ribu per set, sebanyak 4 buah, atau bisa beli satuan seharga Rp 90 ribu.

Namun, ada cara mudah dan murah meriah kalau ingin membetulkan sendiri. Pertama, mesti menyiapkan bahan dan alatnya terlebih dahulu, cukup cari lem semisal Power Glue yang dijual di kisaran Rp 10 ribu dan sedikit kapas kecantikan (gbr.1), sementara melepasnya hanya butuh sebuah kunci 10 mm.

Kepet mesti dilepas terlebih dahulu, tinggal buka 3 buah baut penguncinya pakai kunci 10 mm (gbr.2). Lalu, lepas dan bersihkan kepet agar tidak ada kotoran yang tertinggal. Soalnya, kotoran atau debu yang tertinggal bisa membuat proses perekatan tidak sempurna. Lem pun ogah menempel.

Tuang lem secukupnya di sepanjang jalur robekan, dan rekatkan kepet. Sebelumnya, di antara sobekan letakkan sedikit kapas kecantikan (gbr.3). Kapas ini berguna untuk menambah daya rekat lem. Taruh kapas secukupnya, lalu tuang lem serbaguna lagi sampai seluruh kapas basah dan serabut yang tersisa tidak ada lagi.

Biar lebih yakin, enggak ada salahnya juga taruh sedikit kapas di bekas robekan, lalu siram dengan sedikit lem serbaguna. Jadi, enggak hanya menempel sempurna di bagian robekan, tapi juga diperkuat dari luar. Next, tinggal tunggu beberapa menit sampai lem benar-benar kering sempurna (gbr.4). Biasanya antara 5 sampai 8 menit.

Sekarang, enggak khawatir bodi gampang kotor lagi kan kalau kepet menempel dengan baik.
Read more »

Panduan Ringan Menyetir Bagi Wanita, No High Heels


Panduan Ringan Menyetir Bagi Wanita, No High Heels


Jakarta – Beberapa kesalahan kerap terjadi saat wanita menyetir sendiri kendaraannya. Hal ini beresiko membahayakan diri sendiri dan orang lain. Dan berikut ini panduan ringan menyetir dari pereli Rifat Sungkar. 

“Kesalahan menyetir pada wanita biasanya dari urusan preparation atau persiapan. Diantaranya kesalahan menggunakan sepatu high heels hingga posisi mobil di kecepatan yang salah. Padahal ini bisa dihindari,” buka Rifat.

Menurutnya penggunaan alas kaki high heels atau hak tinggi sangat berbahaya. “Pengemudi jadi suka liat ke bawah, sekedar mencari pedal gas dan rem atau bahkan sepatunya yang nyangkut di pedal. Ini membuat wanita jadi nggak pede saat nyetir karena posisinya kurang nyaman.”

Selain itu, pengaturan kaca spion kerap diabaikan sebelum berkendara. Justru pengaturan tersebut penting karena dapat membantu visibilitas dan meningkatkan feeling kala berkendara.

Tak kalah penting, adalah memperhatikan blind spot. Terkadang bagian samping mobil perempuan penyok karena bertabrakan. “Ini harus dilatih. Setelah melihat spion, tengok blind spot sebentar untuk meningkatkan keamanan,” urai Rifat.
  
Toh demikian, Rifat juga menyatakan jika wanita memiliki sederet kelebihan berkendara ketimbang pria. “Perempuan lebih smooth kala berkendara, mulai dari perpindahan gigi dan pijakan gas. Sayangnya, terkadang wanita masih susah memposisikan mobilnya. Seperti berkendara pelan di sisi kanan atau tengah jalan. Ini cukup menyulitkan saat pengemudi di belakang ingin menyalip,” tutupnya.
Read more »

Aplikasi Lampu Penerangan Kabin Tambahan, Biar Gak Ada yang Terlewat


Aplikasi Lampu Penerangan Kabin Tambahan, Biar Gak Ada yang Terlewat

Mempercantik mobil kesayangan, tak melulu hanya di bagian eksterior saja. Bisa juga di dalam kabin lo. Misalnya ganti sarung jok, pasang aksesori tambahan, hingga bermain penerangan LED. Maksud dari yang disebut terakhir apa tuh?

Nih, coba longok kabin Suzuki Ertiga GX 2012 milik Candra yang berdomisili di Cakung, Jaktim. Saat semua pintu dalam keadaan tertutup, memang tak tampak ada yang istimewa di dalam kabinnya. Tapi begitu salah satu pintu dibuka, akan keluar cahaya terang dari bawah jok depan dan di bawah kompartemen dashboard.
Akan lebih sip lagi saat terlihat di tempat yang cahayanya redup atau kala malam hari. Apalagi selain di dalam kabin, Candra juga menghiasi eksteriornya dengan pencahayaan LED aneka warna pada beberapa bagian. Wuiihh makin meriah deh ngelihatnya.

Namun point sebenarnya pengaplikasian LED di kolong jok dan kompartemen tentu ada pula maksud dan tujuan lain. “Biar ketika turun dari mobil, gak akan terlewat barang bawaan yang ditempatkan di seputar bagian bawah jok depan dan tengah. Soalnya lampu kabin standar pencahayaan kurang terang,” alasan member Ertiga Club Indonesia (ERCI) bernomor anggota 0167 ini.

Wah, idenya oke juga tuh sob! Pengen mengadopsinya juga di mobil kesayangan? Nih, Candra mau bagi tips cara pembuatannya. Dipraktekan pada Ertiga miliknya. Yuk, cekidot!
Read more »

Aplikasi Ferrite di Toyota Avanza 1.5 A/T, Tips Bikin Tarikan Lebih Enteng


Aplikasi Ferrite di Toyota Avanza 1.5 A/T, Bikin Tarikan Lebih Enteng?

Sejak diulas edisi lalu, ternyata pengaplikasian ferrite brade di mobil mengundang banyak pertanyaan. Itu tuh, alat yang dapat mereduksi gelombang elektromagnetik. Baik di surat pembaca maupun rubrik konsultasi R4. Mulai dari sekadar menanyakan beli dimana, hingga yang penasaran dengan khasiatnya.

Beberapa testimoni ada yang menyebutkan kalau ferit ini selain mampu membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit, juga berdampak tarikan mobil lebih enteng.

Seperti diakui Dwinanto, salah satu member Ertiga Club Indonesia (ERCI) chapter Jakarta, yang sudah pasang.“Akselerasi mobil jadi lebih cepat dari biasanya. Om cobain aja sendiri,” tantangnya pada OTOMOTIF sembari menyodorkan beberapa buah ferit dengan beragam ukuran diameter dalam (gbr.1).   

Nah, menjawab rasa penasaran, OTOMOTIF langsung terima tantangan tersebut. Langsung dijajal di Toyota Avanza 1.5 A/T yang sudah menempuh jarak 39.770 km.

Sebelum dipasang, diukur terlebih dulu kemampuan akselerasi standar Avanza 1.5 A/T tadi menggunakan Race Logic (gbr.2). Baru kemudian ferit dipasang dan diukur lagi akselerasi. Bahan bakar pakai Premium dalam kondisi tangki full.

“Akan lebih terasa bila dipasang pada kabel injektor (gbr.3) dan kabel koil, atau kabel yang menuju koil untuk mobil pengusung direct coil (gbr.4),” saran Dwi, sapaan akrabnya. Mau tau hasilnya? Silahkan deh lihat boks data.

Oh iya, masih kata Dwi, ferit ini punya beragam ukuran diameter dalam. “Pilih yang sesuai dengan besarnya kabel. Harga untuk yang diameter 8 – 10 mm Rp 15 ribu. Di atas itu sekitar Rp 20 ribuan,” promosinya.
Read more »

Tips Menghalau Noda Lem Stiker, Obat Penghilang Gerutu


Menghalau Noda Lem Stiker, Obat Penghilang Gerutu

Stiker jadi barang yang paling mudah ditemui pada setiap kendaraan. Baik itu sebagai identitas klub, bengkel, komponen kompetisi dan banyak lagi.

Saat menempelkan, mungkin tak terlalu dipikirkan dampaknya. Akan mulai terasa menyebalkan ketika ingin dilepas. Ada saja problemnya. Mulai yang susah, terpotong menjadi bagian kecil, sampai bekas lem yang masih menempel. Apalagi kalau bahannya dari kertas.

Oh iya, lain kali, kalau menempelkan stiker dari kertas, lebih baik di kaca, jangan di bodi karena lebih sulit dilepas dan beresiko. Kalau ingin melepas, di pasaran banyak obat khusus penghilang stiker, tapi bisa juga kok pakai barang yang ada di rumah.

Daripada terus-terusan menggerutu, mending mulai prosesi pembersihan. Pakai saja obat-obatan seperti minyak kayu putih . Hindari pembersihan menggunakan bensin karena bisa merusak cat atau lapisan kaca.(mobil.otomotifnet.com)

1. Bisa pakai cairan penetran untuk menghilangkan lem. "Kalau pakai di kaca, harus dibilas lagi pakai air sabun supaya kaca tidak berminyak," sebut Sukandi Endah dari bengkel OSS, Jl. Panjang No.8A, Jakbar.

2. Minyak kayu putih atau minyak telon juga bisa diandalkan. "Oleskan saja kemudian lap. Setelah itu bersihkan lagi pakai cairan wax," seru Rizky Firmansyah, dari bengkel Garasi64 di Jl. H. Syahdan, Batusari, Jakbar.

3. Jika stiker dari kertas, kucuri pakai air sabun. Diamkan beberapa saat sampai air membasahi dan merasuk ke semua kertas.

4. Ketika mengerok bekas stiker, sebaiknya jangan menggunakan benda tajam seperti silet atau cutter.

Read more »

Kumpulan Alamat Aplikasi dan Game Gratis Android

Read more »

Trik Browsing dengan Rp.0 dan kuota 0 di Komputer/Laptop


Browsing dengan Rp.0 dan kuota 0




Browsing dengan Rp.0 dan kuota 0 
petunjuk :
- Jalankan privoxy.exe yang ada di folder privoxy
- Set proxy di mozilla/chrome/atau browser lain, 127.0.0.1:8118
- Ketikkan di address mozilla/chrome/atau browser lain jankerproxy.appspot.com
- Ketikkan bing.com atau google.com dan klik go, happy browsing !!!
kalo over kuota pakai appspot yg lain, list appspot:

jankerproxy.appspot.com
abizidane1978.appspot.com
kiccp-proxy.appspot.com
z-prox.appspot.com
softslip.appspot.com
proxycode3.appspot.com
proxytubo.appspot.com
zaidproxy.appspot.com
nxgweb-apps.appspot.com
hacksam94.appspot.com
klobotdoor.appspot.com
websurfnow.appspot.com
allsitemirror.appspot.com
proxygogogo.appspot.com
proxypycode.appspot.com
wokaoproxy.appspot.com
girlsproxy.appspot.com
proxyscript.appspot.com

FAQ:
Q: Kalo di lempar ke halaman 3 gimana gan?
A: Cek proxynya, udah di set belum
Q: Gimana set proxynya?
A: Firefox: Options -> Advanced -> Network -> Setting -> Pilih Manual Config, Chrome: Setting -> Network -> Change Proxy -> Pilih dial up yang sedang dipake, centang Use a proxy, masukan proxynya
Q: Proxy dan portnya berapa?
A: Proxy: 127.0.0.1 Port: 8118
Q: Kok malah ada warning, This connection is refusing blablabla?
A: Cek Privoxynya udah running belum
Q: Kok malah ada warning di privoxynya?
A: Privoxynya dah running tuh, cek di taskbar
Q: Kok appspotnya Over Kuota?
A: Pakai appspot lain list nya ada tinggal pilih, appspot di kasih jatah 1GB per hari
Q: Bisa download gak?
A: Ada yang bisa ada yang enggak tergantung servernya, jangan lupa di idm juga pakai proxy
Q: Youtube bisa streaming gak?
A: gak bisa ga, streaming emang gak bisa
Q: Udah ngikutin semua tutor, dan liat video tapi tetep gak bisa?
A: Ingat gan, Beda tempat beda rasa, posisi menentukan prestasi

tutorial video :

download privoxy :
Read more »