Kamis, 25 April 2013

BUGATTI VEYRON SUPER SPORT



BUGATTI VEYRON SUPER SPORT
LONDON- Hampir selama tiga tahun lamanya, Bugatti Veyron Super Sport telah menjadi rajanya kecepatan maksimum dari sebuah mobil produksi. Tapi kini Guinness World Records membatalkan gelar tersebut.

Keputusan mengambil kembali gelar pada mobil seharga Rp21 miliar tersebut karena ada fakta yang terungkap. Saat rekor dipecahkan dengan kecepatan 430.98 km/jam ternyata telah melanggar ketentuan. Ketentuannya adalah mobil yang digunakan tidak masuk dalam kualifikasi mobil produksi, karena pembatas kecepatan yang ada ternyata dinon-aktifkan.

Guinness World Records dalam pernyataan resminya mengkonfirmasi bahwa kecurigaan atas pelanggaran tersebut benar adanya. "Telah menjadi perhatian kami dari Guinness World Records, terjadi kelalaian dari kategori "Mobil Produksi tercepat" yang tercatat pada tahun 2010 lalu oleh Bugatti Veyron 16.4 Super Sport,” jelas Jaime Strang PR Director Guinness World Records.

"Pembatas kecepatan tidak diaktifkan, modifikasi ini melanggar ketentuan resmi. Akibatnya, kecepatan 431.072 km/jam yang telah dicapai tidak lagi valid. Lebih lanjut tim kami akan meninjau kembali kategori ini dengan konsultan ahli untuk mendapatkan catatan rekor yang menjadi refleksi yang sebenarnya dalam kategori ini," tegas Strang.

Peraturan yang ada adalah, setiap mobil yang digunakan harus sama identik dengan mobil yang dijual di pasaran. Berarti gelar pada Bugatti Veyron harus dicabut, dan gelar tersebut diberikan pada perusahaan kecil asal Amerika yang bernama, Shelby SuperCars. Ultimate Aero milik mereka pernah mencapai 412.1 km/jam, sebelum Veyron Super Sport.

Sementara itu kubu Bugatti berkilah, bahwa pihak Guinnes sudah mengetahui jika limited speed memang dinon-aktifkan karena alasan keamanan.

"Guiness tahu pembatas kecepatan dimatikan karena alasan keamanan. Sedangkan yang berada di tangan konsumen tetap menyala. Pencabutan gelar ini tidak menyakitkan bagi kami, Super Sport lebih dari hanya sekedar rekor dunia."

Pertanyaan tentang rekor Bugatti terus diangkat oleh pabrikan Amerika lainnya, Hennessey, yang mengatakan mobil mereka Venom GT seharusnya memegang rekor tersebut, dengan 427.6 km/jam. Tapi sayangnya raihan ini tidak dalam pengawasan Guinness World Records, dan seharusnya penilaian diambil dari rata-rata kecepatan setelah dua kali uji coba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar